World News

Senin, 24 Desember 2012

0 Ciri Khusus Pohon Salak

Ciri Khusus Pohon Salak – Sebagai komoditas buah-buahan, habitat tanaman salak adalah type hutan hujan tropis. Tanaman ini banyak tersebar di seluruh hutan Kepulauan Nusantara. Biasanya, rumpun pohon ini dijadikan tempat tinggal atau tempat berlindung oleh babi hutan dan rusa dari serangan predator pemangsa. Namun tanaman ini sudah sejak lama dibudidayakan di Indonesia.


Nama dagang internasional untuk buah asli Indonesia ini tergolong unik, snake fruit. Hal tersebut didasarkan pada bentuk kulit salak yang tersusun seperti sisik ular. Tanaman salak (Salacca) termasuk dalam keluarga palem-paleman (Arecaeceae). Ciri khas dari tanaman salak adalah tulang daun atau pelepahnya yang berduri tajam dan buah yang bertanda. Dari dalam pelepahnya akan tumbuh bunga salak yang kemudian akan berubah menjadi buah salak.

Pada umumnya, tanaman salak memiliki ketahanan hidup yang bagus. Bentuknya yang rimbun memiliki daya tekan terhadap pertumbuhan gulma di sekitarnya. Akan tetapi tanaman ini juga tidak terbebas dari serangan hama dan penyakit. Serangan tersebut dapat mengurangi hasil panen dan bahkan mampu mengakibatkan kematian pada tanaman salak.

About the Author

Author info. Search this text in your template code and replace it.

    Other Recommended Posts

  • Ciri-ciri, Tumbuhan

0 komentar:

Poskan Komentar

 
back to top